twitter
rss

Layanan Home Visit

TERAPIS WICARA HOME CARE/VISIT/TERAPI DI RUMAH

Terapi wicara merupakan terapi yang di lakukan untuk merehabilitasi ketidakmampuan fungsi bicara dan menelan agar dapat berkomunikasi dengan...

 ☑️Menghisap

Latih anak minum menggunakan sedotan.

Mulai dari minuman yang encer (misal: air putih), lalu bertahap tingkatkan kekentalan minuman (misal: jus alpukat).

Variasikan diameter sedotan, mulailah dengan sedotan yang kecil seperti sedotan air mineral.

Jika anak susah diajak untuk mencoba minum dengan sedotan, coba rayu dengan menggunakan makanan yang disukai didekatkan ke bibirnya sambil mendekatkan sedotan. Atau bisa juga dengan dioleskan madu di ujung sedotan, supaya manis. Ya atau trik apapun yang bisa membuat anak senang dan mau mencoba menghisap minumnya.

.

☑️Gerakan mengucap vokal

Mintalah anak untuk beberapa kali mengatakan “aaa, iii, uuu, eee, ooo” dengan gerakan bibir yang terbuka penuh sesuai huruf vokal yang diucapkan. Setelah itu gabungkan oo-ee, uu-ii, dan seterusnya. Semua huruf vokal ini membentuk pergerakan yang berbeda pada bibir dan merangsang semua otot dalam mulut dan pipi.

.

☑️Meniup

Perhatikan posisi mulut ketika meniup dengan benar adalah: pipi gembung karena udara, lalu bibir monyong membentuk huruf “u” baru udara dikeluarkan.

Berikan contoh tiupan di tangan anak, jika anak tidak mau, cobalah dengan trik lainnya.

Minta anak meniup kertas tisu, boleh juga sobekan tisu kecil-kecil ditaruh di piring, jika masih belum mau

Latih tiup lilin atau tiup mainan bubble, jika masih belum mau??

Jangan menyerah! 😉 ulangi terus dengan semangat.. InsyaAllah pasti bisa kalau diulang tiap hari ☺☺

Jika sudah bisa meniup, dilancarkan dengan bermain peluit.

.

☑️Menggigit dan Mengunyah

Variasikan jenis makanan: lunak, padat, garing, lembut, dsb. Jangan terus-menerus diberikan makanan yang lunak dan halus saja.

Jenis makanan yang cocok untuk latihan mengunyah: wortel, roti, kacang, apel, biscuit, melon (atau buah-buahan yang cukup padat lainnya).

Jangan lupa dipotong kecil-kecil dulu (bite size), biar anak gak keselek 😁

.

☑️Menjilat

Mulai dengan oles madu (bisa diganti yogurt, es krim, selai roti berbagai rasa, mayonnaise, saos tomat, dll) di bibir anak, lalu lihat apakah anak berusaha menjilatnya.

Jika sudah bisa, tingkatkan latihan dengan menjilat permen lollipop atau dengan sendok yang dicelupkan ke madu. Sendok / permen digerakkan di depan bibir anak ke kiri dan ke kanan, lalu lihat apakah anak mau menjulurkan lidah untuk menjilatnya.

Posisi yang paling tepat untuk semua latihan ini adalah sambil duduk, atau jika anak belum baik posisi duduk atau belum dapat duduk sendiri maka dapat disenderkan ke badan ortunya. 

.

Kapan sebaiknya latihan oral motor dilakukan pada anak? Sebenarnya dari masa MPASI (≥6 bln), stimulasi oral motor sudah boleh diberikan untuk meminimalisir potensi gangguan oral motornya.

.

➡️Latihan sederhana ini penting untuk diterapkan SETIAP HARI meski jika anak sudah bisa, untuk membantu anak mempertahankan kinerja oral motor sehingga fungsi fisiologis oral motornya tetap optimal.

.

🔥🔥Perlu diingat !! Pastikan kemampuan bahasa anak sudah bagus, minimal anak dapat memahami instruksi yang di berikan !!

0 comments :