twitter
rss


  • Telapak kaki yang rata ini disebabkan ligamen yang mengikat tulang-tulang di telapak kaki tak cukup kaku dan kuat untuk mempertahankan posisi tulang telapak kaki yang seharusnya agak melengkung ke atas membentuk arkus (berbentuk lengkung). “Sebagai konsekuensinya, biasanya anak yang memiliki telapak kaki rata tak begitu kuat dalam aktivitas yang sifatnya berjalan jauh atau olahraga yang memerlukan kekuatan pada kaki.”
  • Akan tetapi, bukan berarti ia akan mengalami keterlambatan dalam perkembangan kemampuannya berjalan, lo. Kalau “kelainan” ini sifatnya ringan dan tak menyebabkan masalah, biasanya tak perlu terapi khusus.
  • Dalam keadaan berat dan bila dalam pertambaan usia tidak membaik, perlu dibantu dengan sepatu khusus, yaitu sepatu yang diberikan bantalan di bagian telapak kaki sisi sebelah dalamnya, yang disebut sponge rubber arch support.”
  • Dengan gangguan seperti ini, sebaiknya si kecil juga sering diajak berjalan-jalan di atas permukaan yang kasar, seperti pasir di pantai atau karpet yang kasar. Hal ini berguna untuk melatih otot-otot di telapak kakinya agar jadi lebih kuat.

0 comments :