twitter
rss

Layanan Home Visit

TERAPIS WICARA HOME CARE/VISIT/TERAPI DI RUMAH

Terapi wicara merupakan terapi yang di lakukan untuk merehabilitasi ketidakmampuan fungsi bicara dan menelan agar dapat berkomunikasi dengan...



TALI LIDAH PENDEK

Tongue-tie, ankyloglosia  atau tali lidah pendek adalah kelainan bawaan yang terjadi   pada pita lidah atau tali jaringan ikat yang menghubungkan dasar lidah dengan   ujung lidah bagian bawah. Tali ini dapat tebal dan kurang elastis ataupun tipis dan elastis. Bila tali lidah pendek dapat menyebabkan lidah berbentuk seperti   jantung pada saat dijulurkan. Kondisi tongue-tie juga dikenal sebagai ankyloglossia. Jenis yang paling mudah diidentifikasi adalah ketika selaput tali lidah yang dimiliki bayi pendek sehingga membatasi atau menghambat aktivitas lidah bayi, karena seharusnya tali lidah ini tidak terikat. Sampai saat ini gangguan Tongtie masih menjadi perdebatan di kalangan kedokteran baik tentang dampak bagi kesehatan dan perlu tidaknya dilakukan tindakan operasi bedah.
Tongue-tie terjadi pada 0,02%-4,8% anak, lebih sering mengenai anak   laki-laki daripada perempuan. Tongue-tie dapat merupakan bagian dari   kumpulan kelainan bawaan atau berdiri sendiri. Sebagian besar tongue-tie   merupakan kelainan yang berdiri sendiri.
Tongue-tie saat ini masih menjadi perdebatan di dunia kedokteran. Pada sebagian besar anak, tongue-tie ini tidak menyebabkan gangguan apapun sehingga sebagian besar dokter untuk tidak menyarankan dilakukan tindakan apapun. Meski masih dalam perdebatan sebagaian dokter dokter menganggap bahwa gangguan ini dapat menyebabkan kesulitan dalam  menyusu, artikulasi (ucapan jelas) kata-kata dan tugas mekanis lainnya.
Salah satu dampak tongue-tie pada bicara masih menjadi perdebatan dalam dunia kedokteran. Sering kali orang tua menghubungkan keterlambatan bicara   anaknya dengan tongue-tie. Padahal tongue-tie tidak menyebabkan   keterlambatan bicara. Anak dengan tongue-tie memiliki perkembangan bicara yang normal  seperti anak lain yang tidak memiliki tongue-tie. Namun beberapa   literatur menyatakan bahwa tongue-tie dapat menyebabkan kesalahan   artikulasi kata-kata, terutama pada huruf-huruf yang membutuhkan gerakan lidah   ke atas seperti pengucapan huruf R, L, T, N, D,  Th, Sh, dan Z. Derajat keparahan kesalahan artikulasi   ini bervariasi, dapat sangat jelas atau bahkan sama sekali tidak terdengar. Jika hal ini sangat menggangu dan ucapan si anak sangat kurang dapat dimengerti maka tindakan operasi tali lidah dapat dilakukan. (TCAP/I/14).

0 comments :