twitter
rss

PERHATIKAN CARA MAKAN ANAK ANDA !!!
Lihatlah cara makan anak anda, apakah di kunyah atau tidak ? Proses makan yang tidak semestinya perlu diwaspadai karena kemungkinan adanya gangguan oral motornya. Oral motor yang terganggu dapat mempengaruhi kemampuan bicaranya. Seperti anak mengalami keterlambatan bicara dan gangguan bicara (cadel, gagap, bicara terlalu cepat sehingga sulit dimengerti). Pada sebagian kasus dapat dilakukan terapi oral motor, seperti meniup lilin atau balon, minum dengan sedotan, atau massage otot sekitar mulut.

Seperti yang kita ketahui bahwa proses makan dimulai dari menggigit, mengunyah, dan menelan dipengaruhi oleh keterampilan dan kemampuan koordinasi pergerakan motorik kasar di sekitar mulut, yakni otot di rahang atas dan bawah, bibir, lidah, dan banyak otot lainnya di sekitar mulut.

Menurut dr. Widodo Judarwanto, SpA yang praktek di sebuah RS Swasta mengatakan bahwa  sekira 25 persen anak mengalami gangguan oral motor atau gangguan koordinasi gerakan mulut yang menganggu proses mengunyah dan menelan.

Biasanya ini sering terjadi pada anak usia dibawah lima tahun. Sebagian besar, seiring dengan pertambahan usia dan dengan diberikan latihan proses mengunyah yang tepat, lama kelamaan gangguan mengunyah tersebut akan berkurang jika memang kasusnya ringan dan tidak ada kelainan yang parah seperti cerebral palsy (CP), gangguan metabolisme, atau gangguan berat lainnya. (tcap/XI/13).

0 comments :