twitter
rss

Layanan Home Visit

TERAPIS WICARA HOME CARE/VISIT/TERAPI DI RUMAH

Terapi wicara merupakan terapi yang di lakukan untuk merehabilitasi ketidakmampuan fungsi bicara dan menelan agar dapat berkomunikasi dengan...


                      

Sudah bukan rahasia umum lagi, jika kita sebagai orangtua memberikan susu pada anak dengan menggunakan dot sedari bayi, tentu dengan alasan “praktis”. Namun mengajari anak minum susu dengan gelas juga perlu dilakukan saat bayi disapih dan juga dapat mengurangi resiko tersedak.


Pada umumnya bayi mempunyai reflex menghisap yang sangat kuat, kalau terlalu lama di biarkan mengedot kemungkinan telinganya akan terasa nyeri karena adanya tekanan yang kuat. Untuk meredakan nyerinya kadang si bayi akan menguap.


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa menghisap dot juga bisa mengganggu pertumbuhan gigi si kecil. Biasanya pertumbuhan gigi akan sedikit maju. American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa batas penggunaan dot pada bayi, yaitu hingga usia 1 tahun. Selanjutnya si kecil harus harus diajari minum dengan gelas. Baik saat minum susu, jus buah atau air putih.      


Naahh...agar si kecil tertarik untuk belajar minum dengan gelas, ada baiknya kita memilihkan gelas bergagang dan ringan. Hal ini bertujuan agar si kecil mudah memegang dan mengarahkannya ke mulut. Pilih juga bentuk atau gambar yang lucu pada bagian depan gelas. Si kecilpun bisa lebih semangat dan meninggalkan botol dot.


Melatih minum dengan gelas memang membutuhkan waktu yang lama. Tak ada salahnya minta dukungan keluarga dirumah agar si kecil cepat terbiasa minum dengan gelas. Jadi yang sabar ya bunda...


(detikhealth).(tcap/XI/13).



 






0 comments :