twitter
rss

Layanan Home Visit

TERAPIS WICARA HOME CARE/VISIT/TERAPI DI RUMAH

Terapi wicara merupakan terapi yang di lakukan untuk merehabilitasi ketidakmampuan fungsi bicara dan menelan agar dapat berkomunikasi dengan...



**MANFAAT MENGAJAK BAYI BERBICARA**
1.     KEMAMPUAN BAHASA NYA BERKEMBANG
 Suara berupa”AU… AU…” atau “OE… OE…”adalah awal perkembangan bicara anak. Jika hal ini di respons dengan baik oleh orang tua,maka akan berkembang menjadi bahasa seperti yang  kita gunakan.

2.     MENAMBAH  KEDEKATAN EMOSIAL ORANG TUA DAN BAYI
          Hal ini bisa terjadi karena saat bayi mengoceh dan orang tua memberikan respons, ia akan terpancing untuk “BERBICARA” lagi. Nahhh,dari situ terjadi hubungan timbal balik,yang lalu menimbulkan hubungan emosional yang dekat sekali. Juga di sini anak merasa dirinya di terima oleh orang tua nya, di hargai, dianggap penting, dan anak tidak merasa percuma punya orang tua.

3.     ORANG TUA JADI MENGERTI DAN MEMAHAMI BAHASA BAYI NYA
 Jika orang tua mau setiap saat mengajak bayi nya bercakap-cakap dengan sepenuh hati dan menyimak betul setiap ucapan serta kejadian yang terjadi saat perbincangan berlangsung, di jamin lambat laun orang tua pasti akan mengerti dan memahami dengan baik apa yang di ucapkan bayi nya.
   Akan tetapi hal ini tak serta  membuat anda juga bisa memahami ucapan semua bayi, karena cara memahami ucapan bayi bersifat individual. Itulah mengapa, sekalipun anda adalah orang tua si bayi tetapi jika kurang berinteraksi dan tidak sepenuh hati saat berbincang-bincang dengan si kecil, maka keinginan untuk memahami ucapan nya tak akan terwujud.

4.     JADI CERDAS
           Secara kognitif, dengan adanya respon atau tanggapan yang di  berikan orang tua pada ocehan bayi nya, maka otak si bayi akan berproses, karena proses ini, lambat laun bayi akan menyerap banyak sekali pengetahuan baru dan mampu membedakan tiap ucapan, juga naik turun nya nada, hingga  akhirnya meniru mengucapkan sesuatu yang punya arti.
   Itulah mengapa, bayi yang suka mengeluarkan suara –suara babbling (bunyi suku kata yang di ulang-ulang) untuk mendapat respon kita menunjukan ciri bayi yang cerdas. Bagaimana si bayi tidak cerdas jika terus-menerus menerima stimulus, mengolah, mencerna, menanggapi nya, dan mengirim kan feedback ke orang yang sedang berbicara dengan nya.

   5.DETEKSI DINI GANGGUAN TUBUH KEMBANG
           Dengan sering nya mengajak bayi berbicara, orang tua bisa lebih dini mengetahui kalau-kalau ada masalah pada tumbuh kembang bayi nya, semisal si kecil mengidap tunarunggu, tunawicara, atau hal lain nya yang tentu tidak kita ingin kan. Bila hal itu terjadi, sebelum menjadi parah mungkin kita sudah bisa melakukan upaya untuk mengatasi nya. (tcap/XI/13).

0 comments :