twitter
rss



Jangan Bingung Dengan Istilah Autisme, Autistik, PDD, PDD-NOS, dlsb
Hal yang mungkin membingungkan orangtua dalam diagnosis atau istilah, yaitu Autisme, Autistik, Autisme Infantil, PDD (Pervasive Developmental Disorder), PDD-NOS (Not Otherwise Specified), Atypical Autism, Asperger, ASD (Autistic Spectrum Disorder), MSDD (Multi System Developmental Disorder), dlsb.
Anak dikatakan autisme jika memenuhi kriteria yang ada dalam DSM-IV/TR. Autistik adalah anak memperlihatkan tanda/gejala seperti yang terlihat pada autisme. Autisme infantil adalah istilah dulu yang sekarang seharusnya sudah tidak digunakan lagi.
PDD adalah sekumpulan masalah autistik/gangguan perkembangan yang terdiri dari 5 keadaan yang diperkenalkan pada tahun 1980 oleh APA (American Pediatric Association). Kelima kumpulan tersebut terdiri dari Autisme, Asperger Syndrome, Rett’s Syndrome, CDD (Childhood Disintegrative Disorder), dan PDD-NOS.
Jadi istilah PDD sebenarnya bukan suatu diagnosis, ini hanya istilah untuk sekumpulan diagnosis, hal ini terutama digunakan oleh seorang dokter yang ragu untuk mengatakan seorang anak/batita yang sangat muda dengan hal yang lebih spesifik yaitu autisme.
Istilah PDD-NOS digunakan jika seorang anak menunjukkan beberapa tanda/gejala autistik namun tidak memenuhi seluruh kriteria yang ada untuk dikatakan sebagai autisme ataupun bentuk PDD yang lainnya.
Istilah PDD-NOS juga kadang merujuk pada istilah APD (Atypical Personality Development), APDD (Atypical PDD), atau Atypical Autism, ataupun dikategorikan dalam ASD yang lebih mendekati pada diagnosis Asperger’s Syndrome walaupun mungkin tidak pas. Ataupun sebenarnya anak memperlihatkan ciri autisme tetapi tanpa adanya beberapa gejala autisme lainnya.

ASD (Autistic Spectrum Disorder) adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekumpulan kelainan dengan adanya gangguan/masalah/kelainan yang beragam pada bidang interaksi sosial, komunikasi, minat yang sangat terbatas, dan perilaku yang sangat berulang. Jadi masalah ini seperti spektrum di mana ujung yang satu terdapat autisme yang jelas (full-blown, memenuhi seluruh kriteria), dan berjalan ke ujung yang lainnya dengan masalah/kelainan/gejala yang semakin “memudar” sampai berakhir di ujung yaitu sindrom Asperger atau PDD-NOS.
Ciri yang khas pada sindrom Asperger yaitu tidak adanya keterlambatan mulainya bicara pada anak, namun terdapat gangguan/masalah pada komunikasi dan bahasa (mohon bedakan antara istilah bicara dengan bahasa).
Pada sindrom Asperger, umumnya masalah yang semakin memprihatinkan setelah anak semakin besar (mulai usia Sekolah Dasar) dimana diperlukan kemampuan bahasa yang semakin besar yang diperlukan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya.
Multisystem Developmental Disorder (MSDD) adalah suatu istilah yang pertama kali digunakan oleh Stanley Greenspan untuk menggambarkan anak-anak yang berusia 3 tahun ke bawah yang memperlihatkan tanda-tanda gangguan komunikasi seperti autisme, tetapi dengan keterlekatan emosi yang kuat yang tidak ada pada autisme.
Istilah MSDD ini juga digunakan untuk berbagai masalah perkembangan yang lain, yaitu Cornelia de Lange syndrome, Alagille syndrome, Rubinstein-Taybi syndrome, dan Williams syndrome.
( Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SpdI-Kompasiana.com-TCAP/VI/14). Baca artikel kami yang lainnya di www.anak-pelangi-centre.blogspot.com.


0 comments :