twitter
rss

Layanan Home Visit

TERAPIS WICARA HOME CARE/VISIT/TERAPI DI RUMAH

Terapi wicara merupakan terapi yang di lakukan untuk merehabilitasi ketidakmampuan fungsi bicara dan menelan agar dapat berkomunikasi dengan...

 

Aspek perkembangan yang dapat dioptimalkan pada anak usia dini salah satunya yaitu perkembangan fisik motorik. Perkembangan fisik motorik adalah perkembangan jasmaniah melalui kegiatan pusat syaraf, urat saraf, dan otot yang terkoordinasi. Gerak tersebut berasal dari perkembangan refleks dan kegiatan yang telah ada sejak lahir.

Apabila perkembangan motorik halus anak mengalami keterlambatan, maka akan berpengaruh pada rasa percaya diri anak, dan kesuksesan dalam kehidupannya, oleh karena itu diperlukan suatu kegiatan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak agar berkembang secara optimal.

Kegiatan pengembangan motorik halus pada anak salah satunya bertujuan untuk melatih perkembangan koordinasi antara mata dan tangan, oleh karena itu perkembangan motorik halus penting atau perlu dikembangkan karena pengembangan motorik halus akan berpengaruh terhadap kesiapan anak dalam menulis, selain itu dalam melatih koodinasi mata untuk daya lihat juga merupakan perkembangan motorik halus lainnya seperti melatih kemampuan anak melihat ke arah kiri dan kanan, atas bawah yang akan berpengaruh pada persiapan membaca awal pada anak.

Perkembangan motorik halus dengan mengembangkan koordinasi gerak memudahkan anak untuk lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan. Anak juga senang berpartisipasi dalam aktivitas gerak ringan seperti menggambar, mewarnai, melukis, memotong, dan menempel. Kegiatan ini juga membutuhkan program yang mencakup gerak dan permainannya, yang didukung oleh gizi baik dan kebiasaan sehat. Pertumbuhan ketrampilan motorik halus pada anak tidak akan berkembang melalui kematangan begitu saja, melainkan juga dengan ketrampilan itu harus dipelajari serta stimulasi yang didapatkan oleh anak dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah yang mendukung.

0 comments :