twitter
rss


Punya anak bawel, pinter ngomong pasti seneng ya bun… Tapi pasti di antara kita sebagai orang tua pernah mendengar anak berkata “kasar atau kotor”. Wooow…pasti kaget banget..dan bakal jadi malu kalau hal itu terjadi di depan umum. Pastinya orang-orang akan menganggap kita tidak bisa mendidiknya. Aduuuh…kacau kan ya bun kalau kayak gini…mau taro di mana ini rasa malunyaaa…Hmhmhm..tenaaaang bun semua pasti ada solusinya. Ketika kita mendengar anak berbicara “kasar dan kotor” lakukan lah hal-hal berikut ini :

Pertama, kita harus tenang bun… Jaga ekspresi dan reaksi kita. Bisa jadi dia Cuma asal ngomong saja, padahal tidak tahu makna kata yang diucapkannya. Jangan marah, membentak, apalagi langsung memberikan hukuman fisik karena hal ini tidak akan memberikan dampak apa-apa, kecuali anak malah akan merasa bahwa anda kejam padanya. Ketika reaksi dan ekspresi kita berlebihan seperti tertawa maka anak akan menganggap hal tersebut bagus, wah dan pastinya anak akan mengulang-ngulang lagi kata “kasar dan kotor” tersebut.

Kedua, Tanyakan pada anak dari mana kata-kata tersebut ia dapatkan. Lalu kemudian jelaskan mengapa ia tidak boleh berkata itu lagi.

Ketiga, Berikan konsekuensi dan bersikap tegas ketika anak masih berkata “kasar dan kotor”.

#Oh yaaa..jangan lupa di share ya bun...jangan cuma pinter sendirian aja...kasih tau juga semua temen sanak saudara, handaitaulan, om, tante dan lain-lain....hehe, Arigato... 

(tcap/as/IV/19)



0 comments :