twitter
rss

CARA MENGAJAR ANAK BERJALAN

Saat bayi sudah mulai belajar berjalan, mungkin Anda harus ekstra hati-hati menjaganya. Pasalnya, mereka bisa tiba-tiba berdiri dengan bantuan benda di sekelilingnya untuk berpegangan. Di momen ini pula Anda pun sudah mulai menuntun bayi Anda dengan cara memegang tangannya untuk membantunya berjalan.
Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda dan pengasuh anak perhatikan saat anak mulai belajar jalan. Berikut beberapa hal tersebut.
1. Jangan Menarik Lengan
Waspadalah dalam memegang lengan pada saat Anda mengajarkan si kecil berjalan. Hal tersebut dapat membuat anak batita mengalami trauma yang disebut nursemaid’s elbow, yaitu dislokasi sebagian dari tulang radius. Hal tersebut bisa menyebabkan anak mengalami trauma pada bagian sendi siku. Jadi, anak bisa kesakitan bila Anda mengajari berjalan dengan menarik lengan anak. Akibat paling fatal dari nursemaid’s elbow adalah si kecil tidak bisa menggerakkan tangannya lagi.
2. Tidak Memakai Alas Kaki
Pada saat awal anak berlajar berjalan, ada baiknya untuk tidak mengenakan alas kaki, sandal maupun sepatu. Terlebih lagi jika sepatu yang digunakan terlalu tebal dan keras yang bisa mengakibatkan bayi kesulitan berjalan dan sulit menggerakkan otot-otot kaki.
3. Jangan di Kasur
Walaupun sepertinya kasur merupakan tempat yang aman untuk si kecil, namun kasur yang terlalu empuk atau terlalu tebal akan membuat si kecil kesulitan menjaga keseimbangan saat berjalan.

Nah, ada baiknya untuk mengajarkan si kecil belajar berjalan di tempat yang aman seperti lantai. Agar lebih aman, Anda juga bisa menggunakan lapisan karpet atau kayu pada ubin untuk menghindari benturan yang terlalu keras saat anak jatuh. Selain itu, perhatikan juga apakah ada ujung furnitur, alat listrik atau perabot rumah tangga yang bisa membahayakan anak saat belajar berjalan.

0 comments :